Jumat, 17 Maret 2017

Kenampakan di Permukaan Bumi

A. Berbagai Bentuk Permukaan Bumi
     Berdasarkan Gambar diatas, kita dapat melihat berbagai bentuk permukaan bumi. Ada dataran rendah, dataran tinggi, dan pegunungan. Hal itu menunjukkan bahwa bentuk permukaan bumi tidak rata. Perbedaan tinggi rendahnya permukaan bumi tersebut dinamakan relief bumi.
     Bagian permukaan bumi yang berupa daratan, ada yang datar dan ada yang tidak datar. Hal itu ditunjukkan dengan adanya gunung, bukit, lembah, danau, dan sungai.
1. Gunung dan Pegunungan
     Gunung terdapat di seluruh dunia, bahkan ada pula yang berada di bawah laut. Coba sebutkan nama-nama gunung yang terdapat di daerah sekitar tempat tinggalmu!
     Gunung adalah tanah yang menjulang tinggi ke atas dan umumnya berbentuk kerucut atau kubah yang berdiri sendiri. Pegunungan adalah kumpulan beberapa gunung yang berdiri saling berdekatan.
a.

b.
keterangan : gambar (a) merupakan salah satu contoh bentuk pegunungan dan gambar (b) merupakan salah satu bentuk gunung.
     Gunung mempunyai bagian yang tertinggi yang disebut puncak. Gunung dan pegunungan serta bagian-bagian lainnya dapat diketahui tingginya setelah diukur dari permukaan air laut.
2. Bukit dan Perbukitan
gambar ini merupakan salah satu 
contoh perbukitan
     Bukit juga merupakan tanah yang menjulang tinggi ke atas, tetapi lebih rendah daripada gunung. Beberapa bukit dapat membentuk deretan yang disebut perbukitan. Apakah di daerahmu terdapat perbukitan?
3. Lembah
salah satu contoh gambar lembah
     Lembah merupakan tanah rendah yang luas di kaki gunung. Lembah dibatasi oleh dinding-dinding lereng gunung.
4. Danau
salah satu contoh gambar danau
(danau beratan, Bali)
     Danau adalah suatu kumpulan air yang berada di dalam cekungan. Cekungan tersebut biasanya berbentuk seperti mangkuk dan dikelilingi oleh daratan. Karena dikelilingi oleh daratan, maka air danau tidak berhubungan langsung dengan air laut.
     Di Indonesia banyak terdapat danau. Air danau berasal dari air hujan, sungai-sungai, dan sumber-sumber air di pegunungan. Danau dimanfaatkan untuk pengairan, menangkap ikan, dan tempat wisata. Apakah di sebutkan!
5. Sungai
salah satu contoh gambar sungai
     Sungai merupakan tempat air mengalir buatan alam. Aliran air ini terjadi karena adanya gaya gravitasi bumi. Umumnya, air sungai mengalir menuju ke laut, danau, atau sungai lainnya. Bagian sungai yang dekat sumber air disebut hulu sungai, sedangkan bagian yang dekat dengan laut disebut muara sungai.
     Berdasarkan asal airnya, sungai dibedakan menjadi tiga, yaitu:
a. sungai hujan, adalah sungai yang airnya berasal dari air hujan dan mata air;
b. sungai gletser, adalah sungai yang airnya berasal dari salju yang mencair; dan
c. sungai campuran, adalah sungai yang airnya berasal dari air hujan dan salju yang mencair.
B. Permukaan Bumi Terdiri atas Daratan dan Air
 
 Image result for permukaan bumi terdapat daratan dan lautan
 
 
     Permukaan bumi kita terdiri atas daratan dan air. Sepertiga bagian dari bumi berupa daratan, sedangkan dua pertiganya berupa air yang banyak terdapat di lautan. Daratan dapat berupa pegunungan, lereng, gunung, bukit, perbukitan, lembah, danau, sungai, dan tepi pantai. Lautan dapat berupa pantai, teluk, selat, dan laut. Beraneka ragam jenis tumbuhan (flora) dan hewan (fauna) terdapat di antara pedalaman lautan sampai ke daerah gunung.
     Jenis tumbuhan dan hewan yang terdapat di lautan berbeda dengan jenis tumbuhan dan hewan yang terdapat di daratan. Jenis tumbuhan dan hewan yang hidup di daerah pantai berbeda dengan jenis tumbuhan dan hewan yang hidup di lerenglereng gunung.
     Jenis tumbuhan dan hewan laut bervariasi. Pada kedalaman lebih dari 1.000 m di bawah permukaan laut, tumbuhan sudah sulit dijumpai atau bahkan tidak tumbuh sama sekali. Mengapa demikian? Karena mulai kedalaman 1.000 m, sinar matahari yang dapat mencapai daerah tersebut makin sedikit. Jika tidak ada sinar matahari, maka tumbuhan tidak dapat melakukan fotosintesis. Tahukah kamu apa yang disebut fotosintesis? Fotosintesis adalah proses pembuatan makanan yang dilakukan oleh tumbuhan.
     Berdasarkan gelap terangnya, daerah lautan dapat dibedakan menjadi dua, yaitu daerah terang dan daerah gelap. Daerah terang adalah daerah yang memeroleh pancaran sinar matahari. Daerah ini terletak di kedalaman antara 0 - 1.000 m. Daerah gelap adalah daerah yang sudah tidak memeroleh pancaran sinar matahari. Daerah ini terletak di kedalaman lebih dari 1.000 m.
C. Bentuk Bumi Bulat
     Menurut orang zaman dahulu, bumi berbentuk seperti meja bundar besar yang memiliki permukaan datar. Di tempat yang sangat jauh, yaitu di ujung bumi yang merupakan tempat matahari terbit dan tenggelam, terdapat jurang yang sangat dalam. Pandangan tersebut mungkin timbul karena permukaan bumi yang kita amati sehari-hari memang terlihat datar.
     Bagaimanakah sebenarnya bentuk bumi itu? Dapatkah kamu membuktikan bahwa bentuk bumi bulat berdasarkan pengalaman sehari-hari? Berdasarkan peristiwa dan gejala alam yang dialami manusia, dapat dibuktikan bahwa bentuk bumi bulat. Bukti-bukti yang menunjukkan bahwa bumi berbentuk bulat, antara lain sebagai berikut.
1. Foto bumi yang diambil dari satelit buatan yang letaknya jauh di ruang angkasa menunjukkan bahwa bumi bulat.
2. Jika kita berlayar terus ke satu arah, maka akhirnya kita akan kembali ke tempat permulaan kita berlayar.
3. Jika kita memerhatikan kapal laut pada saat berlayar ke tengah laut, maka yang mula-mula lenyap dari pandangan kita adalah badan kapal baru kemudian tiang-tiangnya. Akhirnya, seluruh badan kapal hilang dari pandangan kita.
4. Pada waktu matahari akan terbit, awan dan gunung-gunung tinggi di sebelah timur sudah tampak terang, sementara di sebelah barat masih tampak gelap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar